Apakah masih aman untuk melakukan wisata di Hong Kong saat ini?

Toserben - Hai Sobatben, apakah kalian tahu tentang berita kerusuhan di Hong Kong beberapa bulan terakhir ini? Tentu akan timbul pertanyaan apakah aman untuk wisata di Hong Kong?

Apa yang terjadi dengan Hong Kong?

Sebenarnya kerusuhan telah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu dengan demonstrasi di seluruh penjuru negeri. Semua berawal dari adanya campur tangan politik China ke urusan dalam negeri Hong Kong. Hal ini yang membuat sebagian besar warga tidak terima dan akhirnya melakukan unjuk rasa.
Polisi dan demonstran saling bentrok di jalanan sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Hal ini berdampak pada ditutupnya fasilitas umum termasuk transportasi.
Demonstran
Polisi
Sekilas apabila melihat berita, kejadian di Hong Kong cukup membuat ngeri terutama turis yang memang sedang wisata di Hong Kong. Niat mereka untuk bersantai malah berujung dengan demonstrasi.

Lantas apakah tetap aman berwisata di Hong Kong?

Hong Kong merupakan salah satu negara teraman di dunia dengan rendahnya tingkat kriminalitas. Bahkan dalam kondisi huru-hara seperti saat ini, tetap bisa dibilang aman karena demonstran tidak akan brutal terhadap wisatawan.
Jadi bisa dikatakan tetap aman saja untuk berwisata di Hong Kong selama tidak ikut campur ke area demo dan tetap waspada setiap saat.

Apa dampak demo objek wisata di Hong Kong?

Dampak yang paling terasa adalah ditutupnya MTR atau kereta cepat sehingga warga maupun wisatawan tidak akan bisa kemanapun dengan angkutan umum. Bahkan untuk menuju Bandara pun sudah sangat susah, kecuali menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Mong kok
Banyak wisatawan yang terdampar di Bandara karena takut dan tidak mendapatkan akses bus ke kota. Selain itu area utama seperti Tsim Sha Tsui, Mong Kok, Admiralty dan Causeway Bay dipadati para pendemo. Jadi wisatawan harus pintar-pintar mencari tempat wisata yang cukup nyaman.
Tsim Sha Shui

Bagaimana kalau sudah punya tiket wisata ke Hong Kong?

Walaupun dianggap aman, ada dua hal yang bisa dilakukan kalau tetap ingin wisata di Hong Kong. Pertama adalah punya kenalan atau teman di Hong Kong, karena mereka lah yang akan membawamu dari Bandara ke kota. Angkutan umum benar-benar lumpuh sekarang.

Pilihan kedua mungkin lebih masuk akal yaitu dengan membatalkan penerbangan. Kalau masih mau terbang, opsi terakhir akan terjadi yaitu bertahan di Bandara sampai tanggal kepulangan
Kalau memang punya kenalan, kenapa tidak tetap lanjut aja wisata di Hong Kong?

Comments