Kenapa Banyak Generasi Zaman Now Tidak Tertarik Menjadi PNS?

Toserben - Kalian tau kenapa banyak anak muda tidak minat menjadi PNS ? Generasi millennial sekarang ini memang terlihat unik terutama dari inovatifnya. Hal ini lah yang menjadi dasar mereka tidak mau menjadi aparatur sipil negara.

Kenapa sih mereka menolak menjadi PNS?

Menjadi PNS
Banyak alasan kenapa anak muda cenderung tidak memilih menjadi PNS sebagai masa depan mereka. Diantaranya adalah :
1.     Birokrasi yang rumit
Menjadi PNS berarti harus mengikuti birokrasi yang cukup rumit.  Anak muda jaman sekarang merasa mereka tidak mau diatur dan berurusan dengan birokrasi. Yang mereka mau adalah bekerja dengan bebas dan penuh inovatif karena pada dasarnya mereka terkenal dengan generasi yang suka memberontak dengan kekangan.
2.     Jam kerja pasti
Dengan menjadi PNS, maka jam kerja yang pasti menjadi hal yang tidak bisa ditawar. Bekerja dari jam 7-4 atau 8-5 menjadi hal yang cukup dihindari generasi millennial. Mereka merasa bosan dengan aktifitas berangkat pagi buta dan pulang sore, bahkan ada yang pulang malam.
3.     Seragam yang membosankan
Anak muda jaman sekarang tentu lebih memilih bekerja dengan pakaian yang mereka mau supaya bisa lebih berekspresi dan berkreativitas. Pakai seragam dari SD sampai SMA lalu kembali pakai seragam saat menjadi PNS menjadi salah satu hal yang tidak mau diulang lagi.
4.     Suasana kerja statis
Bekerja sebagai seorang PNS memang identik dengan suasana kerja statis atau itu-itu saja. Tentu berbeda dengan karakter kerja di start-up yang booming beberapa tahun terakhir ini. Bekerja dengan dinamis akan membuat para generasi muda menjadi lebih produktif. Itu menurut sebagian besar mereka.  
5.     Tidak bisa berkreasi
Karena suasana kerja sebagai PNS statis maka akan berimbas pada imajinasi mereka terbatas dan akhirnya tidak bisa berkreasi maksimal. Banyak kasus ide-ide cemerlang gagal dikembangkan karena adanya batasan birokrasi atau aturan yang cukup njelimet.
Kelima alasan itulah yang cukup masuk akal bagi generasi zaman now untuk tidak memilih bekerja sebagai PNS. Bekerja di swasta maupun start-up justru memberikan peluang berkreasi. Selain itu tidak ada batasan seragam maupun birokrasi. Itu yang mereka cari.
-->
Setelah membaca alasan diatas, apakah Sobatben masih tertarik menjadi seorang PNS?

Comments