Ini yang kamu dapat kalau mengunjungi Taman Nasional Baluran

Toserben - Selain Kawah Ijen, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lain yang tak kalah indahnya yaitu Taman Nasional Baluran. Terletak di Situbondo, sekitar satu jam perjalanan dari Banyuwangi, kamu bisa menuju kesini menggunakan kendaraan pribadi.
Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional yang berisi hamparan padang savanna yang luas. Sekilas tempat ini terlihat seperti padang rumput di Afrika sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh merasakan sensasi Africa van Java.
Sebagai salah satu taman nasional dengan wilayah yang cukup luas dan terbagi di beberapa bagian, kamu perlu sempatkan waktu yang cukup lama di Baluran ini.

Berapa tarif masuk Taman Nasional Baluran?

Tarif masuknya adalah Rp 15.000 untuk local dan Rp 150.000 untuk mancanegara. Kalau hari libur atau akhir pekan, tariff masuk taman Baluran menjadi Rp 17.500 untuk wisatawan domestik dan Rp 225.000 untuk wisatawan mancanegara.

Ada apa aja di dalam Taman Baluran?

Berfoto sejenak di Baluran
Begitu kamu masuk ke area Taman Nasional Baluran, kamu akan disambut dengan rimbunnya pepohonan di kanan kirimu sepanjang perjalanan melewati jalanan tanah berbatu. Nikmatilah perjalanan ini dan jangan terburu-buru.
Setelah menempuh sekitar 15 km, kamu akan sampai di Savana Bekol yang jadi ikon dari taman Baluran ini. Berupa padang rumput luas dengan adanya pemandangan indah dan Gunung Raung sebagai latar belakangnya. Ada juga menara setinggi 30 m yang bisa kamu naiki untuk melihat lebih jauh.
Ikon Baluran
Disini juga spot yang sering digunakan untuk berfoto dan menandakan kalau kamu sudah kesini. Sempatkan waktu rehat sejenak disini sambil menikmati pemandangan yang terbentang di hadapanmu.
Sunset di Savana Bekol
Selepas dari Bekol, kamu bisa melanjutkan ke Pantai Bama yang terletak sekitar 3 km dari Bekol. Sebagai destinasi terakhir di Baluran, kamu bisa juga menginap, snorkeling dan berenang di pantai yang cukup tenang ini.
Keindahan pantai ditambah dengan adanya hutan mangrove yang bisa kamu jelajahi sambil menghirup udara segar. Kalau mau menginap juga tersedia penginapan di Pantai Bama ini. 
Ujung perjalanan di Pantai Bama
Berminat bersantai lebih lama? Memang betul, keindahan dan keajaiban yang didapat saat mengunjungi tempat ini. Yuk nikmati savanna bekol Baluran dan akhiri wisata Taman Nasional Baluran dengan menginap di Pantai Bama.






Comments