Kenali Fakta tentang Shin Tae Yong sebagai Pelatih Baru Timnas Indonesia

Toserben - Setelah sekian lama rumor beredar, akhirnya timnas Indonesia mengumumkan Shin Tae Yong secara resmi sebagai pelatih kepala yang baru dengan kontrak selama 5 tahun. Ditunjuknya pelatih asal Korea Selatan ini memunculkan optimisme tinggi di tim nasional. 
Sebagai orang baru di timnas Indonesia, akan lebih baik kalau sobatben mulai mengenal beberapa fakta unik tentang Shin Tae Yong ini. 
Shin Tae Yong

Apa saja fakta mengenai pelatih baru timnas Indonesia?

Mantan pemain Korea Selatan

Layaknya kebanyakan pelatih pada umumnya, Shin Tae Yong merupakan mantan pemain sepakbola timnas negeri Gingseng tepatnya berposisi sebagai gelandang serang. Melihat track record yang meyakinkan, maka penunjukan dirinya sebagai pelatih timnas Indonesia sudah sangatlah tepat.

Pernah melatih timnas Korsel

Selain sebagai pemain, Shin Tae Yong juga pernah mengarsiteki timnas Korsel di PIala Dunia 2018. Bahkan dia pernah memimpin timnya secara mengejutkan mengalahkan mantan juara dunia, Jerman, di laga pamungkas grup.

Hampir melatih Thailand

Tertarik dengan sepakbola Asia Tenggara, sang pelatih baru timnas Indonesia nyaris menandatangani kontrak dengan Thailand, sebelum akhirnya memutuskan untuk melatih Indonesia. 
Pernah berhadapan dengan klub Indonesia
Saat masih aktif bermain bersama Seongnam, Shin Tae Yong beberapa kali bermain melain klub asal Indonesia di Liga Champions Asia. Hal ini membuat pelatih yang baru tanda tangan kontrak dengan timnas Indonesia cukup memahami pola permainan khas tim Garuda.

Paham kelemahan timnas Indonesia

Sebagai pelatih baru, Shin Tae Yong sudah paham terkait kelemahan timnas Indonesia yaitu ada pada stamina para pemain. Hal ini terlihat pada fisik yang mulai berkurang di 20 menit akhir pertandingan. Sang pelatih tentu sudah harus mencari formula untuk menangani masalah ini.

Pahami budaya Indonesia

Melatih timnas Indonesia berarti harus memahami budaya Indonesia. Hal ini berlaku juga untuk Shin Tae Yong. Meskipun akan mengalami culture shock di awal, tapi setidaknya dia mulai mengerti beberapa hal seperti adanya bulan Ramadhan yang berarti para pemain timnas Garuda harus berlatih lebih keras sembari berpuasa.
Resmi jadi pelatih Timnas Indonesia
Bagaimanapun juga Shin Tae Yong datang dengan segudang harapan saat ditunjuk sebagai juru racik timnas Indonesia. Prestasi tinggi bahkan gelar juara sudah dinanti. Piala AFF 2020 sudah menunggu di depan mata. 
Mari kita tunggu hasil racikan sang pelatih baru.

Comments